Halo teman-teman.

Udah lama banget ya ga update disini. *bersihin sarang laba-laba*

Maafkan saya teman-teman. :)

Alasan utamanya adalah karena gue lagi mudik. Dan biasanya, pas lagi mudik, status gue berubah menjadi supir keluarga. Tau kan job desc nya? Anter sana anter sini, beli ini beli itu.

Tapi, sebelumnya gue ingin mengucapkan Selamat Idul Fitri 1432 H. mohon maaf lahir batin ya kalo2 gue ada salah kata atau perbuatan.

Kembali ke topik ‘lama ngupdate’ alasan utamanya adalah gue minim sekali ide tulisan. Kayak sekarang ini, gue cuma membiarkan jari gue menari indah diatas keyboard laptop (tsahh) tanpa punya ide khusus yang pengen ditulis.

Kalo bahasa kerennya writer’s block.

Writer’s block ini, jadi masalah umum setiap penulis atau blogger.

Ada masa-masanya dimana ide dalam kepala dirasa ngga cukup bagus untuk ditulis.

Kadang, ada ide bagus yang muncul, tapi karena lagi sibuk atau lagi ga didepan laptop, ide itu ilang, dan pas mau ditulis malemnya, itu jadi jelek.

Buat gue pribadi, gue sering banget malah ngerasa kayak gitu.

Dengan sibuknya gue di kantor, kadang gue merasa agak lupa buat nulis disini.

Ditambah lagi dengan kemalasan tingkat dewa untuk membuka kembali laptop sesudah pulang kantor.

Buat gue pribadi, gue punya tips yang gue bisa bagi disini.

1. Ketika lagi mandek dan ga punya ide untuk ditulis, maka bacalah. Perbanyak baca, baik itu portal berita, koran, atau blog orang lain.

Karena ga jarang, dari hasil bacaan itu muncul ide-ide yang bisa dituang lewat tulisan. Tapi ingat, jangan copy paste. Gue selalu berpendapat, a good writer must be a good reader. So, read a lot!

2. Siapin notes kecil, karena jujur deh, sering banget ide-ide tulisan muncul diwaktu yang tidak tepat. Waktu boker misalnya, atau lagi dalam perjalanan. Kondisi-kondisi yang ga memungkinkan untuk menulis secara baik dan benar. Gue pribadi memanfaatkan notes di handphone untuk urusan ini.

3. Find your own rhythm, temukan ritme menulis anda sendiri. Beberapa orang, sering banget nyampah di blog setiap hari meski kadang, tulisannya singkat. Beberapa yang lain, cuma menulis seminggu sekali. Ngga ada yang salah.

Gue sendiri sering menemukan ‘nyawa’ menulis gue ketika tengah malam. Dan sebagian besar tulisan gue yang gue anggap bagus, lahirnya tengah malam. Maklum, lagi galau. Hehe

4. Buat situasi paling nyaman untuk menulis, Sediakan barang-barang pendukung agar proses menulis bisa lancar, contohnya kamar yang dingin, sediakan cemilan, minuman dingin, atau pacar yang rela mijitin kaki selama kita menulis. Sisanya, biarkan kreativitas anda bekerja.

Yah, itu dulu tips singkat dari gue. Semoga bermanfaat ya.

Gue janji bakal update lebih sering. Bagi yang pengen denger celotehan harian gue yang rutin gue keluarkan tiap jam hari, silahkan follow akun twitter gue di @romeogadungan.

Follow yah? plis plis.. *fakir followers dan fakir mention*

Nope, just feel free to follow. :)