Belakangan ini, semakin banyak visitor romeogadungan.com yang datang dengan keyword yang berkaitan dengan jalan-jalan murah atau jalan-jalan ala backpacker.

Mungkin ini terkait dengan berubahnya stigma masyarakat bahwa liburan ke luar negeri tidak harus mahal. Dan terkadang bisa lebih murah dari liburan domestik.

Liburan murah atau budget traveling kini mendadak jadi trend. Jumlah wisatawan meningkat. Mungkin disebabkan ekonomi yang semakin baik dan makin meningkatnya jumlah penduduk kelas menengah di Indonesia yang telah memasukkan liburan sebagai pengeluaran rutin tahunan. Ditambah lagi dengan semakin gila-gilaannya promo dari maskapai tertentu yang memuluskan jalan untuk liburan murah.

Gue sendiri emang dari dulu suka jalan-jalan. Mulai dari ke Sukabumi, Kalimantan, Palu, Kuala Lumpur hingga Vietnam. Dan dari semua itu, gue ngga pernah liburan mewah, kecuali dibayarin. #BanciGratisan

Dari pengalaman gue itu, gue mau sharing sedikit apa aja yang harus disiapin kalo mau liburan murah atau liburan ala gembel. Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman gue traveling baik di domestik maupun luar negeri.

1.  Cari tau/survey

Di jaman sekarang, teknologi sangat membantu dalam mempersiapkan traveling. Mulai dari informasi wisata, tempat tinggal, transportasi hingga urusan makanan. Informasi itu tersebar di website resmi hingga blog-blog pribadi yang banyak sekali bertebaran di internet. Anehnya, gue banyak sekali menemukan orang yang sangat malas untuk urusan ini. Maunya tinggal terima beres.

Untuk tipe orang seperti ini, gue sangat menyarankan menggunakan travel, karena dengan cara seperti itu, semua kebutuhan akan diurus oleh biro perjalanan wisata. Kekurangannya? Ngga bebas. Waktu kunjungan akan selalu dibatasi oleh sang pemandu wisata. Semua itu jadi pilihan kita masing-masing.

2.  Bawa tas yang gampang dibawa.

Karena dalam backpackeran, kita dituntut untuk gampang berpindah tempat. Ganti transportasi, ganti hotel, naik tangga dan berjalan jauh. Maka pastikan tas baju yang dibawa lebih ringkas dan gampang dibaca. Jangan bawa koper mewah yang cuma menyulitkan selama perjalanan. Tas ransel akan sangat membantu daripada koper seret.

3.  Bawa alat mandi sendiri.

Ini agak merepotkan. Karena dalam hotel backpacker, biasanya tidak disediakan handuk dan peralatan mandi sendiri. Tapi jangan khawatir, kebersihan hotel backpacker sangat terjaga. Meskipun murah, bukan berarti kumuh. Gue biasanya nyari hotel di hostelworld.com. Referensinya lengkap dan terjamin.

4.  Gunakan peta

Begitu nyampe bandara, gue biasanya langsung nyari peta gratis yang banyak disebar di pojok-pojok bandara. Peta ini selain berguna sebagai penunjuk jalan, biasanya juga berisi informasi wisata di suatu daerah. Mulai dari tempat belanja, festival hingga nomor darurat.

5.  Mandiri

Ini kunci dari semuanya. Kalo tujuannya traveling hemat, semua harus diurusin sendiri karena ga ada yang bakal mau ngurusin. Intinya adalah MYOB = Mind Your Own Business. Trik mengatasinya : liburan bersama teman-teman. Biar bisa bagi-bagi tugas. Itu yang gue lakukan.

Intinya, traveling adalah proses mencari pengalaman baru, ketemu orang-orang baru. Jangan takut mencoba.

Mungkin ada yang kelewat ama gue? Let me hear your comments..