Gue dan Nasip gue akibat tsunami..

Dulu waktu gue awal masuk kuliah, pas masih heboh-hebohnya tsunami dulu. Dan gue satu-satunya mahasiswa dari Aceh di angkatan gue. Kenyataan ini sedikit mengganggu gue dalam proses kenalan dan bersosialisasi, karena gue udah tau tiga pertanyaan pertama kalo orang berkenalan dengan gue.

Si A : “hai, anak baru juga ya?”

Gue : “Iya..”

Si A : “nama lo siapa?” (ini pertanyaan pertama)

Gue : “Tirta, lo?”

Si A: “Gue (misalnya) joko. Lo asli mana?” (ini yang kedua)

Gue : “Gue dari Aceh.”

Joko : “Ohh, pas tsunami gimana?” (nah, ini pertanyaan ketiga)

Gue : “Gini, pas tsunami gue..bla..bla….bla…” (menceritakan dengan semangat)

Orang kedua…

Si B : “hi, angkatan… Lanjut ta.. | 7 Comments

Gue dan kepala gue..

Sejak kecil dulu gue di bilang mirip alien. Bukan karena mata gue segede spion atau air liur gue yang menetes tak terkendali, tapi lebih karena dulu kepala gue kelihatan besar sekali.

Hal ini diperparah dengan kondisi badan gue yang kaya anak Uganda. Kurus kayak anak cacingan. Kepala besar dan badan setipis papan bukan kombinasi yang baik.

Jadi waktu gue SD dulu, pasphoto gue ngga ada yang bener. Semuanya salah. Posisi kepala gue selalu saja miring, jadi ngga tegak gitu. kalo ga ke kanan pasti miring kekiri (emang mau miring kemana lagi?)

Mungkin karena keberatan kepala kali ya? Tinggal dibotakin, gue udah persis kayak E.T. Beneran.

Dan diwaktu SD dulu gue sering banget mengeluarkan darah. Mulai dari mimisan ampe kepala gue… Lanjut ta.. | 6 Comments

Alasan kenapa gue ngeblog..

Gue suka ngeblog, entah kenapa. Tapi ada beberapa hal yang paling gue suka dari ngeblog. Awalnya gue ngga suka nulis, pegel. Karena dulu kan masi nulis pake pulpen.

Tapi lama kelamaan, gue ngerasa lebih bisa mengungkapkan perasaan dengan tulisan. Lebih enjoy aja, dan seneng melihat reaksi orang setelah ngebaca tulisan kita.

Dan dari SMA, orang selalu tertawa kalo ngebaca tulisan gue. Meskipun saat itu gue belum ngeblog dan nulis diary apapun.

Tulisan yang dulu gue buat biasanya berupa coretan di bangku, ataupun selebaran2 ngga jelas pas guru lagi ngajar (biasa,mainan jaman SMA).

Nah, pas masuk kuliah gue belum juga nyoba2 ngeblog. Gue suka ngeblog setelah tidak sengaja beli buku Kambingjantan karya RadityaDika yang fenomenal itu.

Disitulah… Lanjut ta.. | 7 Comments

Gue dan nama gue lainnya..

Belakangan ini gue menyadari suatu hal. Gue mempunyai banyak sekali nama, mulai dari nama pemberian orang tua, teman, ampe nama panggilan. Lengkapnya akan gue bahas satu-satu.

1.Tirta Agung Prayudha.

Nama ini murni pemberian orang tua, aslinya sih nyokap yang ngasih nama ini.

Tirta = Air

Agung = Suci

Prayudha = Sebelum perang

Jadi arti nama gue ini adalah Air Suci Sebelum Perang. Hehehe, mantap kan?

Jangan dipelesetin jadi air suci dari ketek, air suci dari idung atau air-air lainnya. Pokoknya jangan.

Nama ini masih gue gunakan ampe sekarang untuk kerja dan untuk ngutang ke warteg sebelah kosan.

2. Frian Al Gaffar

Nama ini adalah pemberian bokap. Namun nggak jadi karena nyokap lebih memaksa nama yang pertama. Kata bokap gue, ada… Lanjut ta.. | 5 Comments

Kalo ABG bilang, Please Deh..

Gue lagi di aceh sekarang, lagi mudik..di rumah gue lagi ada acara keluarga, dan bokap nyuruh pulang.

Jadi, dengan memberanikan diri untuk mengajukan cuti (meskipun sebenernya belom punya jatah cuti), gu berhasil meninggalkan dunia kerja gue untuk sejenak, dan pulang ke kampung halaman.

Nyampe di Aceh, gue senang dengan perkembangan Aceh yang gue liat sekarang. Jalanan di banda aceh, muluussssss (ngga kayak di bandung), lebar, taman kota makin banyak buat kembali menghijaukan Banda Aceh setelah gersang ditampar tsunami, lampu-lampu jalan berdesain minimalis romantis bertebaran dimana-mana.

Terminal baru sudah dibangun. Bersih, rapi, dan luas. Pelabuhan baru juga udah ada, bersih, luas, dan megah.

Airportnya juga udah menjulang gagah sekarang. Berdesain seperti mesjid, bandara ini menjadi pintu masuk utama wisatawan lokal maupun… Lanjut ta.. | 10 Comments

Men Secrets part II

Yoha, ini sambungan dari postingan sebelumnya yang membeberkan sedikit rahasia pria yang tidak banyak disadari wanita.Yang belum baca, baca aja yang bagian pertamanya dulu disini…

Lanjut…

4. Pria juga mempunyai sisi lemah.

Jadi jangan beranggapan bahwa pria itu selalu tegar dalam menghadapi semua. Namun kadang mereka ngga mau menunjukkannya ke wanita karena takut dianggap cengeng.

Yes, men do cries.

Gue pernah baca tentang seorang selebriti pria yang punya cara yang ‘tegar’ kalo mau menyalurkan sisi lemahnya, Si pria ini punya anak yang kena penyakit leukemia (kanker darah).

Dia bangun di tengah malem, pergi ke garasi rumahnya, masuk ke dalam mobil dan menangis didalamnya.

Setelah itu dia kembali seolah-olah tidak terjadi apa2. Siapa… Lanjut ta.. | 5 Comments

Men secrets part I..

Disclaimer : Postingan kali ini benar2 subjektif. Murni pendapat gue, kalo lo setuju, lo boleh ngangguk sambil senyum-senyum sendiri.

Kalo ga setuju,ya harus setuju ya, ya?

Begini, dalam Jomblo-nya Adhitya Mulya ada kata-kata yang bilang gini kalo engga salah.

Wanita itu makhluk yang kompleks, ngga kayak kita para pria yang sesimple sapi.

Memang ada benarnya, tapi gue ngga sepenuhnya setuju. Wanita memang sulit dimengerti, gue akui itu.

Fluktuasi sifat wanita kadang membuat para pria pengen garuk-garuk tanah.

Buat yang cowo yang lagi baca tulisan ini :

Pernah ga lo ngalamin peristiwa kayak gini. Si cowo nelfon cewe nya malem2..

Cowo (berusaha mesra dan perhatian ke pacarnya) : ‘dek, udah makan?’

Mungkin inovasi kuncinya..

Klien gue sekarang adalah mantan perusahaan vespa.

Tapi sekarang bergerak di bidang pembuatan dan pendistribusian cat.

Waktu jaman jaya-jayanya. Perusahaan ini adalah satu-satunya perusahaan yang berlisensi untuk membuat dan merakit vespa di Indonesia.

Kadang gue miris sendiri, ngeliat tempat gue ngaudit sekarang. Sisa-sisa kejayaannya sebagai pabrik vespa masih terlihat jelas.

Kalo di pabrik biasa, kendaraan operasional yang digunakan dalam lingkungan pabrik adalah mobil atau motor, disini ngga.

Vespa digunakan sebagai alat transport dalam pabrik, meskipun kegiatan utama perusahaan ini bukan lagi bergerak di bidang vespa.

Gue kadang suka takjub sendiri ngeliat interior kantornya. Bangunannya itu bangunan lama, khas tahun 70an banget

Dan disana, masi terpampang  beberapa iklan Vespa jadul yang bikin gue senyum-senyum sendiri… Lanjut ta.. | 11 Comments

Kuliah Kerja Nyata

Beberapa hari yang lalu, si pacar cerita tentang betapa excited nya dia mau kkn. Ya, sebagai mahasiswa tingkat akhir, emang sekarang jatahnya dia buat kkn.

Tinggal disatu desa sambil bikin program dan mengabdi ke desa itu.

Kampus gue sebagai salah satu PTN di Bandung, masih mewajibkan mahasiswa nya untuk kkn, sebagai salah satu bentuk tridharma perguruan tinggi yaitu mengabdi kemasyarakat (jangan tanya yang 2 lagi apa, gue ga tau.hehe)

Gue dulu kkn disalah satu desa di kabupaten bandung. Letaknya sih ga jauh dari kota bandung, cuma sejam kalo naek motor.

Yaudah gue dan temen-temen kkn gue ga perlu nginap, cuma tiap hari pulang pergi kesana.

Nama desa gue desa sindanglaya kecamatan cimenyan, kabupaten Bandung.

Serem ga… Lanjut ta.. | 2 Comments

Christian the Lion..

Dulu dosen gue pernah bilang, selain belajar sebaiknya mahasiswa itu harus banyakin nonton film, tujuannya biar melatih empati. Tentu aja film yang dimaksud bukan film-film sampah lokal yang sekarang banyak berjamur di bioskop-bioskop di endonesa. Kayak film hantu datang bulan, hantu mati di kasur, mati di jemuran, ampe hantu mati gaya..

Jadi, gue pun mempraktekkan tips beliau. Dan kebetulan gue emang suka nonton film, terutama film-film yang ga ‘biasa’ kayak the green mile, forrest gump, man on fire, cast away dan banyak lagi.

Kalo lo perhatiin, judul-judul tadi emang banyak yang dimainkan oleh Tom Hanks. Dia  memang salah satu aktor kesukaan gue, selaen Denzel Washington, dan beberapa yang lain.

Dan tadi malem, gue baru nonton Hachiko..

agak telat… Lanjut ta.. | 2 Comments