Sejak pulang dari UK, gue selalu merasa punya hutang ke Indonesia. Kadang sampe jadi pikiran tersendiri gitu lho. Gue kayak constantly mikir ‘bikin apa ya?’.

Akhirnya hingga beberapa waktu yang lalu gue menemukan salah satu solusinya. Buat yang udah lama follow gue di Twitter atau mungkin jaman-jaman ask.fm, pasti udah tau obsesi gue terhadap dunia keuangan dan pasar modal.

Rasanya gemes aja gitu ngeliat orang sebegitu awamnya terhadap dunia keuangan. Nggak usah mikir jauh-jauh dulu deh, nggak usah ngomongin ekonomi makro dulu, untuk sebatas personal finance aja banyak orang yang belum paham.

Betapa abainya orang Indonesia untuk tau betapa pentingnya asuransi, investasi, dana darurat dll.

Jadi, dari dulu gue suka ngoceh tentang dunia keuangan di Twitter, terutama saham dan pasar modal. Sampe akhirnya gue kepikiran bikin kelas tentang investasi untuk pemula. Yang saat itu diniatkan terbatas untuk followers gue di Twitter.

Nama acaranya itu Twitvestor, yang pernah 2x gue bikin tahun lalu dan juga pernah gue tulis di sini.

Tapi sejak Twitvestor selesai, makin banyak pertanyaan-pertanyaan yang gue dapat. Pertanyaannya bukan lagi ‘apa itu saham?’ tetapi sudah ‘saham apa yang bakalan naik?’

Di satu sisi, gue senang mendapatkan pertanyaan-pertanyaan seperti itu. Followers gue udah naik kelas, menandakan kalau banyak yang sudah mencari tau. Tapi di sisi lain, hal ini sebenarnya dilematis.

Terus terang, pertanyaan seperti itu susah dijawab.

Karena, tidak ada yang tau pasti saham apa yang akan naik dan kapan saham itu akan naik. Karena ada beberapa metode dan pendekatan yang bisa dilakukan. Beda orang, akan beda cara menganalisnya.

Untuk gue pribadi, gue menggunakan pendekatan value investing. Yaitu suatu pendekatan, yang secara sederhana, yang bertujuan mencari saham-saham undervalue yang ada di bursa, lalu membelinya di harga yang murah, dan menjualnya ketika saham itu sudah dianggap mahal.

Tentu saja, informasi seperti itu nggak bisa gue berikan secara gratis. Karena butuh riset, pengorbanan waktu untuk mengumpulkan, membaca, menulis, dan menganalisa laporan keuangan perusahaan-perusahaan tadi.

Jadi, gue pada akhirnya mengajak beberapa teman gue, yang gue kira punya kemampuan untuk sama-sama menganalisa laporan keuangan dan punya ketertarikan yang sama terhadap pasar modal. Karena jujur, analisa seperti ini tanggung jawabnya lebih besar dari sekadar mengajar di depan kelas.

Akhirnya kami sepakat membentuk BigAlpha.id.

Suatu research firm yang (saat ini) mengkhususkan diri di pasar modal Indonesia.

Saat ini, BigAlpha cuma bertujuan untuk menulis e-book yang bisa kalian beli untuk mencari tau saham-saham apa saja yang berhasil kami temukan menggunakan metode value investing tadi.

Karena kami menyadari ada gap antara investor pasar modal (terutama investor pemula), dengan informasi-informasi keuangan di bursa. Entah itu informasinya yang sulit didapat, istilah-istilah keuangan yang rumit, hingga investor yang nggak punya waktu untuk ngubek-ngubek internet untuk mencari tau sendiri.

Untuk itulah BigAlpha hadir.

Kami datang untuk membuat hidup anda lebih mudah. Kami akan menyusun, merangkum dan menganalisa informasi yang kami dapat dari analis, situs industri terkait, press release perusahaan bersangkutan, media luar negeri, hingga media dalam negeri yang terpercaya.

Semua informasinya akan kami susun dalam bentuk e-book (pdf file) dan tetap ditulis dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. E-booknya akan dikeluarkan secara kuartalan mengikuti jadwal rilis laporan keuangan masing-masing emiten yang ada di bursa.

Untuk saat ini kayak gitu dulu.

Tapi untuk jangka panjang, mungkin BigAlpha akan melebarkan sayapnya. Mungkin ke pendampingan investasi pribadi, bikin kelas investasi lagi, atau bahkan jadi nanti membuka jasa financial advisor (baik konvensional maupun syariah).

Tapi itu nanti, saat ini biarkan kami berkembang dan bertumbuh dulu. Menajamkan analisis untuk memberikan informasi bagi kalian para investor pasar modal.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan main-main dan berkenalan dengan BigAlpha.

Websitenya ada di BigAlpha.id

Akun Twitternya ada di sini

Dan untuk lebih update bisa join channel Telegramnya yang ada di sini.

Kami percaya kalau investasi di pasar modal itu mudah. Kalian juga bisa melakukannya. Mari menjadi Alpha Investor bersama BigAlpha.id