Seberapa sering kita menemukan kata ‘galau’, ‘move on’ atau ‘nangis dibawah pancuran’ setiap harinya, ketika kita buka twitter?

Di akun twitter gue (@romeogadungan), gue sering sekali menemukan kata-kata diatas, terutama kata ‘galau’.

Sepertinya di era twitter ini, kata ‘galau’ mengalami kebangkitan nasional.

Sama seperti kata ‘sesuatu banget’ yang melegenda itu.

Ntah emang orang-orang yang gue follow pada labil semua, atau sedang ada gerakan galau berjamaah pada waktu-waktu tertentu di twitter, kata-kata galau ini sering sekali muncul di linimasa gue.

Ibarat waktu prime time sinetron di televisi, ada juga waktu ‘prime time’ untuk galau di twitter.

Rentang waktu yang paling pas jika kita ingin memasang iklan menjual obat serangga di twitter.

Rentang waktu ini dimulai dari pukul 9, hingga tengah malam atau dini hari. Kecenderungannya seperti itu.

Alasannya kenapa? Ntahlah, tapi gue punya analisa tersendiri.

Dipilihnya range waktu tersebut seperti ini, dengan berbagai alasan. Mungkin jangan terlalu pagi, karena masih banyak yang belum bobo dan tengah malam karena efek masih tidur sendirian sehingga masih suka ngerasa sepi pas sebelum tidur. Hahaha, ini curhat colongan.

Tapi untuk user-user tertentu seperti @diralarasati (sorry dear, I have to mention you here. Hahaha), galau tak mengenal waktu.

Kebutuhan pokok orang-orang seperti ini jadi bertambah satu, sandang, pangan, papan dan galau.

Jujur, gue sekarang rada bosan ama isi timeline yang cenderung galau. Becandaan dan jokes-jokes galau dan jomblo itu kayaknya udah keseringan muncul di timeline.

Melihat trend seperti ini yang terus berkembang, menggelitik hati gue sebagai romeogadungan untuk memberikan tips-tips move on ala dokter cinta bagi kalian hati-hati yang sedang terluka (tsaahhh).

Tips-tips ini murni pendapat pribadi yang diambil dari hasil observasi, pengalaman sendiri, atau dari curhatan orang lain.

Simak tips dari dokter cinta berikut ini, (resiko tanggung sendiri, red) :

1. Pray

Tell your stories to your God. Curhat ke Tuhan lebih baik dari curhat ke sahabat manapun. God always listens our prayers, but maybe sometimes, the answer is No.

Ingatlah kalau cerita kita dengan seseorang telah berakhir, maka sekarang kita selangkah lebih dekat dengan orang yang tepat. Berdoa jangan di media sosial.

2. Hilangkan hubungan sejenak.

Ini serius. Jika anda baru putus, masih rapuh, hilangkan hubungan dengan mantan anda sejenak. Jangan nelfon, jangan kirim sms, kalo perlu hapus no handphone nya, jangan stalking facebooknya, atau baca timeline twitternya.

Tujuannya adalah menghilangkan sakit hati yang muncul jika apa yang kalian harapkan ngga tercapai.

Contohnya, telf ga diangkat, sms ga dibales, foto pacar baru yang udah diupload ke facebook, atau timeline dia yang biasa aja, tanpa galau sedikit pun. Rasanya ga enak kan?

3. Spend time with your best friends.

Ini adalah obat paling ampuh, karena dengan teman-teman terbaik anda, anda akan melupakan sejenak patah hati atau kegalauan anda. Your best friends maybe will slap you in the face when you’re wrong, but they will never leave you.

4. Take your time.

Nikmati kesendirian anda. Lakukan hal-hal baru sendirian tanpa embel-embel pasangan. Traveling, belanja, nonton. Lakukan hal-hal baru sendirian.

Kecuali anda maen ganda di badminton. Karena segalau apapun anda, anda tetap membutuhkan pasangan. Mosok mau megang raket 2 biji sendirian.

Intinya, biarkan hati anda pulih dengan sendirinya.

5. Cari pengganti,

Jika poin no.3 tidak berhasil. Maka cari pengganti segera. Meskipun awalnya kita pasti membandingkan dengan mantan, itu proses yang wajar. Kalo kata Dewa 19, ‘beri sedikit waktu, biar cinta datang karena telah terbiasa.’

Mungkin anda adalah jenis orang pertama yang gue tulis disini.

6. Jangan terlalu menampakkan kegalauan anda.

Ga usah sering-sering galau di twitter, ga usah now playing-now playingan lirik lagu galau di twitter.

Ini akan membuat anda tampak ‘kalah’. Pretend it was okay. And it will be okay.

7. Jauhi obat serangga dan benda benda tajam.

Yah, buat jaga-jaga aja. Hehe :)

8. Jangan dengarkan lagu Kerispatih.

Serius gue. Lagu-lagu kerispatih adalah lagu pengantar bunuh diri. Si Badai ini emang jago banget bikin lagu peremuk hati yang bikin kita pengen garuk-garuk tanah.

Hal ini juga berlaku untuk band-band galau dan penyanyi-penyanyi melankolis seperti Pance S. Pondag atau Nia Daniati. Ganti playlist anda dengan lagu-lagu berirama ceria dan upbeat semacam Cucak Rowo atau Stasiun Balapan

 

Jatuh cinta adalah sebuah proses, dan mau tidak mau, suka tidak suka ada proses ‘patah hati’ yang harus dilewati. Jika jodoh ada ditangan Tuhan, dan jodoh kita ada di ‘tangan’ yang berbeda. Maka yakinlah suatu saat nanti, Tuhan akan ‘bertepuk tangan’

Demikian tips dokter cinta ala romeogadungan. Jika anda merasa postingan ini berguna.

Sebarluaskan kepada teman-teman galau anda. Dan sekarang, katakan tidak pada galau!