Setelah hampir tiga bulan meninggalkan Indonesia, beberapa hari ini gue homesick. Bukan, ini bukan homesick kangen keluarga. Tapi homesick kangen Indonesia.

Gue yang biasanya sedikit apatis terhadap nasionalisme semu, tapi beberapa ini gue malah mendadak cengeng terhadap Indonesia.

Dan beberapa hari lagi, PPI Aberdeen bakal bikin Wonderful Indonesia. Sebuah acara malam Indonesia yang terbuka untuk umum. Tujuannya agar memperkenalkan Indonesia ke orang-orang di Aberdeen.

Dan dengan adanya acara ini malah bikin gue kangen Indonesia.

Ntah kenapa, berada jauh dari Indonesia malah membuat rasa nasionalisme semakin tinggi. Rasanya rindu sekali dengan Indonesia. Makanannya, keramahannya, senyum orang-orangnya.

Ini seolah menjelaskan kenapa nggak banyak orang Indonesia yang merantau dan menetap di luar negeri. Rata-rata orang Indonesia yang sekolah ke luar negeri akan selalu kembali ke Indonesia. Tidak seperti Cina atau India yang warganya bisa kita temukan di seluruh pelosok dunia.

Dengan jumlah penduduk yang mencapai 250 juta jiwa, harusnya orang Indonesia juga mudah dijumpai bukan?

Tapi rasanya nggak demikian. Lebih mudah menemukan restoran Thailand daripada restoran Indonesia. Perasaan nyaman tinggal di rumah itu emang selalu ngangenin.

Dan beberapa malam terakhir, gue malah sibuk nge-Youtube video lagu-lagu nasional Indonesia. Salah satunya adalah ini. Tanah Airku, lagu yang terasa jauh lebih menyentuh bagi orang-orang Indonesia yang sedang pergi dari rumah.

 

Enjoy, dari seseorang yang sedang kangen rumah.