Hampir empat tahun sejak romeogadungan.com berdiri, ada sebuah trend yang terjadi buat gue pribadi.

Awal tahun selalu menjadi masa paling minim inspirasi buat gue. Yang pada akhirnya, akan mengurangi jumlah post yang rutin terbit dalam blog ini.

Sebenarnya gue gak pengen ini terjadi, tapi kalau pembenaran dari gue, awal tahun adalah masa dimana kerjaan gue sebagai akuntan sedang mengambil alih. Volume kerjaan meningkat seiring dengan dimulainya tahun baru, yang berarti kita harus menutup buku tahun lalu. Istilah ini dalam dunia bisnis sering disebut “year end closing“.

Load kerjaan yang menumpuk ini yang menjadi salah satu alasan buat gue tentang susahnya mencari ide untuk menulis. Yang paling peduli tentang minimnya tulisan baru di blog ini tentu saja pembaca gue yang dari dulu udah ngikutin.

Sebuah mention masuk ke akun twitter gue semalam dari salah satu pembaca yang mengingatkan gue bahwa blog ini mulai terlantar dan dihinggapi laba-laba. *bersihin sarang laba-laba*

Gue pribadi meminta maaf untuk itu, dan semoga minggu-minggu depan mulai rutin di-update lagi ya?

Sebenarnya gue sedang dalam proses menulis sebuah cerpen. Sebuah cerita sederhana dari hasil observasi di lingkungan tempat tinggal gue. Tapi status tulisan itu masih dalam tahap pengerjaan, masih dipoles.

Karena postingan cerpen harus lebih halus ketika diposting dibandingkan dengan postingan biasa, jadi otomatis membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk ‘memperindahnya’.

Tadi malam di twitter gue juga sempat ngomong kalau gue sebenarnya ingin memposting sebuah cerita memalukan yang baru saja gue alami. Tapi jujur, saat ini ceritanya belum selesai ditulis.

Dan pada saat penulisan, ternyata ceritanya berkembang jauh lebih panjang dari yang gue rencanakan semula. Gue kira tulisan itu akan selesai dalam 3-4 halaman sepertinya umumnya postingan gue di blog ini.

Tapi saat ini, sudah hampir lima halaman tertuang dan bahkan belum tiba di konflik utama ceritanya. Gue terlalu larut dalam cerita dan bumbu komedinya.

Oleh sebab itu, gue memutuskan untuk tidak mempostingnya ke dalam blog tapi akan dijadikan salah satu cerita dalam buku gue.

Oia, gue belum bilang ya?

Gue mendapat tawaran menulis buku dari salah satu penerbit, dan semoga bisa terbit tahun ini. Bukunya sendiri akan berkonsep personal literature, yang berisi cerita-cerita pribadi gue dalam kehidupan. Genrenya masih komedi, seperti sebagian besar cerita dalam blog ini.

Dan gue tetap berusaha memasukkan unsur romantisme kegalauan juga sebagai bumbu di dalamnya.

Ceritanya akan panjang-panjang dan dipoles ulang sehingga layak terbit ke dalam sebuah buku. Ide tulisan sebagian besar baru dengan jokes yang juga benar-benar baru.

Hal ini juga menjadi salah satu alasan kenapa gue jarang menulis di blog lagi, karena sebagian besar ide kreatifnya untuk saat ini dilarikan ke buku.

Buat gue pribadi, susah membagi ide menulis antara kedua hal itu. Semoga kalian maklum ya? Doain semuanya lancar tanpa masalah.

Bear with me on this okay?

Itu dulu yang bisa gue update hari ini, semoga besok-besok gue akan lebih sering menulis lagi ketika ide segarnya benar-benar datang. Atau kalian ada ide buat gue untuk menulis tentang apa? Feel free to share it in the comment box.

See you in the next blogpost!