Beberapa waktu yang lalu, gue mendapat tawaran dari salah satu pengiklan untuk beriklan di romeogadungan.com. Untuk para blogger, pengiklan atau bahasa kerennya advertiser, adalah salah satu tamu yang sangat diharapkan untuk datang. Yang pada akhirnya bisa jadi penghasilan para blogger.

Tapi pada akhirnya dengan berat hati harus gue tolak. Karena setelah gue liat, konten iklan yang ditawarkan ngga sesuai dengan karakteristik pembaca romeogadungan.com

Gue takut dengan memasang iklan yang tidak sesuai, hanya akan menganggu kenyamanan membaca blog ini. Iklan semacam itu cuma memberikan keuntungan buat gue dan pengiklan, tapi menjadi hal yang mengganggu bagi para pembaca romeogadungan.

Buat para blogger, visitor adalah yang utama. Kuantitas visitor menjadi salah satu tolak ukur kepopuleran sebuah blog. Apalagi untuk blogger amatir kayak gue, gue selalu berusaha untuk menyenangkan para pembaca romeogadungan. Kalo bisa, gue pijitin deh sambil baca blog ini.

Gue selalu girang setiap ada komen baru yang masuk. Saking girangnya, gue tinggal make wig udah bisa ngalahin tante-tante girang.

Bukan bermaksud sombong, gue hanya merasa kurang cocok dengan penawaran yang datang. Ibarat iklan rokok disebuah blog kesehatan. Beda target dan kepentingan.

Gue juga sangat mengharapkan para pengiklan datang lagi kesini dan bikin penawaran lain yang lebih cocok.

Sehingga nanti, bisa terjalin simbiosis mutualisme antara blogger, visitor, dan advertiser.