Setelah tau gimana caranya ke Derawan, kini saatnya gue kasih tau aktivitas yang bisa dilakukan di Derawan. Buat penyuka pantai, Derawan menawarkan liburan tenang yang bisa menyegarkan kembali pikiran anda.

Kisah asal nama Derawan sendiri mirip telenovela. Ada pulau Derawan (perawan) yang ditaksir oleh Sangalaki (sang Lelaki) dan ada Maratua (mertua) yang melarangnya. Gue sendiri lupa pulau Kakaban itu berperan dari nama siapa

Buat gue pribadi, ada enam aktivitas yang paling menyenangkan selama gue di Derawan. Kita mulai dari yang paling sederhana ya?

1. Duduk menikmati pantai Derawan

Mungkin ini terdengar sangat sederhana. Tapi buat gue, ini adalah salah satu kegiatan yang paling gue suka kalau pergi ke pantai. Duduk di sebuah kursi malas menikmati angin laut, di sebuah pantai berpasir putih bersih yang sepi sambil melihat laut lepas yang seolah tanpa batas di depan mata.

Pantainya sepi.

Kadang kenikmatan itu bisa bertambah dengan sebuah kelapa muda atau minuman soda dingin penghapus dahaga. Dan Derawan, menyajikan itu semua.

2. Keliling pulau Derawan.

Luas pulau Derawan yang cuma sekitar dua kilometer persegi membuat sangat nyaman untuk dikelilingi dengan berjalan kaki atau bersepeda. Cuma membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk mengelilingi pulau ini.

Perkampungan di Derawan

Dengan berkeliling pulau, kita bisa menemukan perkampungan nelayan, pantai indah tersembunyi, sebuah kuburan kuno patung kuda, hingga resort-resort mewah yang tersedia di pelosok Derawan. Sisi petualangannya terasa sekali dalam aktivitas ini.

I Love Derawan

Beberapa toko souvenir dan oleh-oleh juga tersedia bagi kalian yang ingin membeli buah tangan dari Derawan.

3. Pergi ke Gusung di sekitar Derawan.

Gusung adalah sebuah pulau pasir yang terbentuk ketika air laut surut. Ada beberapa gusung di sekitar Derawan. Ketika malam tiba, dan air pasang mulai menggenangi, gusung ini akan tenggelam sehingga tidak bisa dikunjungi.

Tapi ketika air laut surut, gusung ini akan muncul ke permukaan sehingga bisa didatangi wisatawan. Gusung ini mirip banget dengan pantai yang ada di film Pirates of Caribbean. Pantai putih bersih tanpa pepohonan apapun.

Gusung di Derawan

Bawa peralatan snorkeling anda ketika pergi kesini. Dan abadikan foto-foto layaknya Johnny Depp di pulau tak berpenghuni.

4. Diving atau Snorkeling di Maratua.

Maratua adalah sebuah pulau kecil di dekat pulau Derawan. Pada tahun 2011, Pangeran William bahkan pernah datang berlibur kesini. Cottage yang berjejer di pinggir pantai dengan air laut yang jernih dibawahnya membuat siapapun pasti terpukau.

Jernihnya air di Maratua

Sayang kali ini gue gak turun kesini dan hanya bisa memotret keindahannya dari dalam speedboat.

Maratua

5. Melihat penyu bertelur di Pulau Sangalaki

Di Sangalaki, kita bisa melihat penyu hijau (Chelonia mydas) yang datang datang ke pesisirnya untuk bertelur. Penyu penyu itu akan menggali pasir di pantainya lalu menelurkan ratusan telur di dalam lubang yang telah digali sebelumnya.

Proses ini biasanya terjadi tengah malam, jadi pastikan kalian kuat begadang.

6. Berenang dengan stingless jelly fish di Pulau Kakaban.

Ini adalah kegiatan favorit gue selama di Derawan. Pulau Kakaban, berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari Derawan menggunakan speedboat.

Kakaban Island

 

Pulau Kakaban sudah ditetapkan sebagai pulau wisata sehingga cukup nyaman untuk dikunjungi. Begitu merapat di dermaga, kita akan berjalan melewati sebuah jembatan kayu yang membelah hutan ke dalam pulau.

The Lake

 

Di dalam pulau itu, terdapat sebuah danau air asin yang cukup luas. Di dalam danau tersebut merupakan habitat asli dari ubur-ubur yang telah berevolusi sehingga tidak menyengat manusia yang menyentuhnya.

Stingless jelly fish in Kakaban

Jelly fish

 

Pengalaman berenang dengan stingless jelly fish ini benar-benar baru untuk gue. Meskipun sama sekali tidak berbahaya, berenang dengan menabrak ubur-ubur ke badan sangat geli. Kayak nabrak-nabrak agar-agar.

 

Pengen? Yuk ke Derawan?