Seperti sudah menjadi sebuah keharusan kalau di awal tahun baru gue menulis sebuah postingan untuk penutup dan pembuka tahun yang akan datang untuk blog ini.

Dimulai dari beberapa tahun yang lalu, kebiasaan ini menjadi semacam reminder buat gue tentang apa yang sudah gue lakukan dan apa yang akan gue lakukan tahun depan.

Kalau dilihat ke belakang, tahun 2015 telah berjalan sangat luar biasa buat gue. Di tahun 2015, gue berhasil mencoret beberapa bucket list yang selama ini masih menggantung. Mulai dari melanjutkan studi gue ke level master, menerbitkan buku, hingga melakukan eurotrip pertama gue.

Rasanya menyenangkan sekali bisa melakukan hal-hal yang selama ini sudah gue mimpikan. Hal-hal yang sudah masuk sebagai resolusi tahun baru gue sejak tahun 2011.

Gue rasanya nggak tau harus berterima kasih seperti apa ke Allah yang sudah mengabulkan mimpi-mimpi gue. Dan di tahun 2016 ini, gue seperti bingung harus meminta apa lagi.

Urusan cinta dan asmara sepertinya menjadi satu-satunya hal yang menggantung.

Tapi masa minta begituan sih?

Di tahun 2015, gue sudah diberikan begitu banyak hal, dan rasanya di tahun 2016 sudah saatnya giliran gue untuk memberikan kembali. Jadi di tahun ini, gue ingin memperbanyak kegiatan-kegiatan sosial dan volunteering sebagai bentuk pelunasan ‘hutang’ gue yang sudah berhasil mendapatkan banyak sekali nikmat di tahun lalu (termasuk beasiswa gue).

Dan di tahun 2016 ini, sepertinya masa kehidupan gue sebagai orang dewasa sudah bisa benar-benar dimulai. Dulu kan rasanya selalu saja berkilah ‘ah, nunggu master dulu ah’ setiap kali gue dihadapkan kepada bentuk-bentuk tanggung jawab orang dewasa (you know, paying bills and stuff). Tapi kali ini sepertinya gue harus sudah serius untuk mempersiapkan hidup gue, dengan mulai memikirkan cara untuk membeli aset dan hal-hal orang dewasa lainnya.

Dan terakhir, semoga gue terus diberikan kesehatan dan kreativitas untuk terus bekerja, berkarya dan menyelesaikan buku gue selanjutnya.

Dan dengan tulisan sederhana ini, gue berani bilang…

“Terima kasih 2015, dan selamat datang 2016!”