Disclaimer : Tulisan ini merupakan bentuk sudut pandang gue dari apa yang terjadi, dan apa yang gue baca. Lo boleh setuju, boleh juga ngga setuju.

Berita-berita yang muncul akhir-akhir ini sangat menyedihkan buat gue. Geram sendiri gue bacanya! Mulai dari kasus century, markus pajak, gayus, ampe yang paling akhir itu kasus bentrokan di Priok, masalah penggusuran makam penyebar agama Islam di tanah jawa.

Siapa sebenernya mbah Priok masih belom jelas buat gue. Hasil dari yang gue baca, beliau adalah penyebar agama Islam di abad ke 17. Yang kemudian meninggal dan dimakamkan di priok. Banyak orang yang berziarah ke makam ini.

Yang kemudian, makam ini direlokasi untuk dijadikan perluasan daerah pelabuhan. Yang jadi masalah, banyak warga yang berusaha mempertahankan makam ini. Dan sampai menyebabkan bentrokan dengan satpol PP.

Yang aneh dimata gue adalah, sering banget gue liat bahwa kadang satpol PP lebih beringas dari tentara. Mungkin kalo gue jadi presiden, ketika bangsa ini mau perang, gue akan ngirim satpol PP di garda terdepan. Jangan cuma berani brutal ama warga dan remaja doang!

Gue pribadi pernah ngeliat satpol PP menggusur pedangan keramik kaki lima, tapi menggusur nya menggunakan kekerasan, barang-barang keramik dagangannya di hancurkan.

Gue sendiri ga tau, dimanakah status satpol PP ini di dunia kemiliterannya di Indonesia?apakah termasuk jajaran militer seperti polisi dan TNI, atau hanya satuan pengaman biasa seperti satpam atau hansip. Apakah untuk masuk satpol PP ada seleksi resmi seperti seleksi polisi atau TNI?

Gue yakin, ngga semua satpol PP yang bertugas itu brutal, ada juga yang baik. Seperti personil satpol PP yang meninggal akibat bentrok kemaren. Ada yang cuma menjalankan tugas dari atasan tapi hati nuraninya berkata lain. Pengakuannya bisa dibaca disini.

Tapi ngga bisa kita pungkiri, banyak yang kelakuannya ibarat preman berseragam!

Disisi lain, dari berita-berita yang gue baca, gue menangkap seperti terjadi pengkultusan individu ke sosok mbah priok ini. Mungkin gue salah, tapi ini kesan yang gue tangkap. Kesan yang gue tangkap, banyak orang yang berziarah seperti ingin mendapat berkah. Dari sisi Islam, hal ini jelas-jelas salah!!

Rasulullah sendiri pernah melarang agar umat muslim jangan melakukan ziarah kubur, karena ditakutkan akan menimbulkan sifat musyrik atau menduakan Tuhan, tapi pada akhirnya, Rasulullah mengijinkan ziarah kubur agar membantu kita selalu mengingat maut. Tapi bukan itu yang gue tangkap dari ziarah-ziarah yang dilakukan ke makam Mbah Priok. Tapi, sekali lagi, mungkin gue salah.

awalnya menolak penggusuran, kok sekarang menjarah?

awalnya tertib kok jadi membakar mobil?

ngakunya muslim kok brutal??

Kalo lo semua emang peduli, jangan kayak gitu kelakuan lo!!

Dunia sedang melihat kita teman-teman!

Gue harap, bapak bapak pejabat diatas sana bisa sedikit meluangkan waktunya untuk melihat apa yang terjadi di bawah sini. Dan bertanggung jawab terhadap masalah ini! Terutama yang berada dipucuk pimpinan pemerintahan propinsi ini.

But the end, gue harap masalah ini cepat selesai. Mudah-mudahan terjadi mediasi antara semua pihak yang berkepentingan. Sehingga memunculkan solusi yang sama-sama menguntungkan bagi semuanya.

Dan pandangan gue pribadi sebagai warga Negara, gue harap satpol PP lebih professional dalam melayani masyarakat!! Ngga cuma maen gebuk sana sini..

gaji nya dari uang rakyat, harusnya lebih ramah ama rakyat. Bukan begitu bapak2??