Gue suka ngeblog, entah kenapa. Tapi ada beberapa hal yang paling gue suka dari ngeblog. Awalnya gue ngga suka nulis, pegel. Karena dulu kan masi nulis pake pulpen.

Tapi lama kelamaan, gue ngerasa lebih bisa mengungkapkan perasaan dengan tulisan. Lebih enjoy aja, dan seneng melihat reaksi orang setelah ngebaca tulisan kita.

Dan dari SMA, orang selalu tertawa kalo ngebaca tulisan gue. Meskipun saat itu gue belum ngeblog dan nulis diary apapun.

Tulisan yang dulu gue buat biasanya berupa coretan di bangku, ataupun selebaran2 ngga jelas pas guru lagi ngajar (biasa,mainan jaman SMA).

Nah, pas masuk kuliah gue belum juga nyoba2 ngeblog. Gue suka ngeblog setelah tidak sengaja beli buku Kambingjantan karya RadityaDika yang fenomenal itu.

Disitulah pertama kali gue tau apa itu blog dan langsung tertarik dengan dunia ini.

Penasaran aja gitu, gimana tulisan tentang kejadian yang biasa banget bisa mengundang tawa jika dikemas dengan kemasan yang menarik dan kocak.

Sekarang gue rutin membaca blog-blog orang lain yang gue anggap bagus, ada pandji, tikabanget, rima fauzi, oia jangan lupa, gue juga baca blog nya Adhitya Mulya yang juga lucu dan berbobot.

Jadi gue ngerasa tertantang untuk bisa nulis seperti itu. Pasti kalian pernah ngerasa hal kayak gitu kan? Serasa ada suara di kepala kalian yang bilang…

’ah, kalo gitu doang mah gue juga bisa ‘.

Nah, disitu gue langsung coba2 buat blog di friendster.

Tapi karena lemot, jelek, dan tampilannya gitu2 aja, gue berpaling ke multiply, sempet juga ke blogspot sampe akhirnya gue beli domain pribadi.

Disini gue mulai asik berblog. Banyak yang bilang gaya penulisan gue mirip gaya penulisan orang lain.

Tapi, karena gue ter-influence dengan blog-blog yang gue baca, jadi terkadang ada gaya penulisan yang mirip dengan cara penuturan mereka.

Itu terjadi tanpa ada maksud gue. Beneran.

Yang gue sebut plagiatisme secara tidak sadar. Peduli setan dengan kata orang. Tapi menurut gue, inilah cara bertutur gue yang paling nyaman buat gue.

So, enjoy it.Itulah alasan pertama kenapa gue ngeblog, supaya bisa menyalurkan hobi terhadap tulisan, menuangkan perasaan, dan membuat orang tertawa.

Yang kedua, yang menurut gue paling asik dari ngeblog adalah comment. Blog tanpa comment ibarat sayur tanpa garam, ibarat dangdut tanpa goyang, dan ibarat Ian Kasela tanpa kacamata.

Pasti setiap kita ngebuka blog, kita pasti deg-degan penasaran tentang apa yang orang bilang tentang tulisan kita (yeah, at least I do..).

Apa itu jelek, muji, menghina, ataupun comment2 yang ngga begitu penting, tapi tetep aja gue suka.

Banyak pakar yang bilang, kalo sisi interaktif dari blog (yaitu comment salah satunya) yang akan mengakibatkan blog bisa mengalahkan situs konvensional suatu saat nanti.

Pasti comment juga menjadi salah satu penyebab kenapa orang masih tetep nulis di blog.

Aneh aja menurut gue, ketika kita curhat di blog, tentang perasaan kita yang lagi sedih, senang, ataupun merana karena patah hati, dan orang yang bahkan kita ngga tau nama aslinya, ngasih comment yang isinya ikut bersedih, ngasih support, ataupun ikut gembira dengan kita.

Buat gue, itu sebagai satu tanda kalo diluar sana masih banyak orang yang peduli dan care ama gue. Meskipun kita ngga kenal.

Dan kita juga ngga harus kenal sama orang lain untuk nunjukin rasa sayang kita. Misalnya, gue ketemu Luna Maya, ga mungkin kan gue bilang..

‘mbak, saya ngga kenal sama mbak, mau jadi pacar saya ngga???”

Tiba-tiba aja gitu gue bilang tentang perasaan gue. Bisa ditabok aril gue. Tapi melalui blog, hal itu bisa kita lakukan. Kita bisa nunjukin perasaan dan pemikiran kita ke orang lain (agak melankolis ya??)

“Therefore I Feel. Therefore I Write, Therefore I Think, Therefore I Am”

Yang ketiga adalah unity. Yup, gue ngerasa kita bersatu. Masi ingat gimana dulu barisan blogger membela ibu Prita??

Pesta Blogger yang diselenggarakan setahun sekali. Orang2 dari berbagai suku, ras, agama, disatukan oleh satu kesamaan yaitu kecintaan terhadap tulisan. Its called people power!!Itu hebat banget buat gue.

Memang, Indonesia sekarang sering banget rusuh, yang di priok, duri kosambi, bentrok persija dan masih banyak lagi. Tapi ketika Indonesia diserang atau berduka, ada ga yang nyadar, kalo Indonesia akan selalu bersatu.

Liat aja sekarang ketika kapal kemanusiaan yang diserang Israel ada warga Indonesianya, semua orang Indonesia langsung membentuk barisan. Ibu Ainun Habibie wafat, semua status Facebook dan tweet di twitter ngomongin tentang itu. Masukin juga waktu Gus Dur dan Mbah Surip meninggal. Semuanya sama kan??

Ga ada si jawa, si aceh, si batak, si cina, si sunda, si papua, si maluku. Semuanya sama. Indonesia. Bersatu. Memang sih, ada satu dua orang yang sok-sokan pesimis dan apatis. Ga usah dipeduliin lah orang-orang kayak gitu.

Itulah ketiga alasan yang bikin gue suka dengan blog.Alasan lainnya seperti, alat yang bagus buat marketing, supaya terkenal, dan lainnya, ngga terlalu ngaruh buat gue saat ini. Jadi nanti, ketika ada orang yang nanya ke gue…

‘Do you love your blog?’

maka gue akan menjawab dengan mantap…

‘Yes, I do.’

 

 

NB : Buat orang2 yang pernah ngasih comment di blog gue, siapapun kalian,Terima kasih.