Email dari adek kelas gue si Alti :

Akhirnyaaaa, setelah sekian bln berjanji akan membuat tulisan, betelor juga nih uneg-uneg gue .

Well agak deg2an sih gue , karena tulisan ini katanya akan di post di romeogadungan.com milik boss tirta prayudha, the next talented writer in Indonesia! (menjilat. hahaha).

Well tulisan ini akan berbicara tentang dilema mahasiswa tingkat akhir yg sebentar lagi akan lulus dan masuk ke dunia persilatan (baca: dunia kerja).

Yes, gue  adalah mahasiswi tingkat akhir yg Insya Allah akan lulus di bln Juni, yg sampaiii sekarang masih bingung mau kerja di mana, sebagai apa. Intinya sih, I’m still asking myself “who do I really really really want to be?”

Apalagi sekitar 4bln yg lalu, saat gue  mengikuti recruitment test salah satu Kantor Akuntan Publik terbesar di dunia, sang manager menampilkan tulisan ini di slide presentasinya “Gain exposure to the world as fast as u can in your first job”.

Muncul pertanyaan di benak gue “apakah pekerjaan itu adalah pekerjaan yg benar2 gue inginkan?”

Dan gue jujur, pertanyaan ini pertanyaan yg puaaaliing susaaah buat dijawab.

Well yaaa mungkin gue masih terlalu idealis, maklum jiwa muda, tp gini deh, even itu perusahaan terbaik di dunia pun, kita ga akan pernah enjoy kerja di situ kalau emang pekerjaan itu bukanlah yang kita inginkan.

Apalagi kalau kita harus begadang buat ngejar deadline, harus ke daerah2 terpencil, harus tetep ngantor saat libur nasional, bukannya bahagia, yg ada masih kita lebih cepat menopouse saking stressnya.

Naah untuk gue  sendiri (curhat dikit boleh ya), dari SD gue  selalu bermimpi buat jd news anchor/reporter tv. Bahkan dulu gue  sering berakting di depan kaca, seolah2 sedang melakukan reportase.

Itu juga yg bikin gue  pengen kuliah di jurnalistik, tp yaaa apa daya, demi membahagiakan org tua, gue  pun akhirnya masuk akuntansi (iya, emang ga nyambung!).

Menyesalkah gue  kuliah 4th di akuntansi?

Well awal2 sih iyaaa, tp untungnya memasuki thn ke 2 gue  udh mulai get along sama ni jurusan.

Kenapa? Krn di jurusan ini, gue  melihat ada salah satu pekerjaan yg “etos kerjanya” mirip2 sama reporter. Yuup, ketemu banyak orang baru, hrs memiliki lobbying skill yg tinggi, dikejar deadline, begadang, dan ga mengenal tgl merah.

Ow ow, apakah itu? Yes, it’s AUDITOR!! *senggol2 kak tirta*

Yeess, gue  pun akhirnya punya cita2 utk jadi auditor, makanya gue  ikut recruitment test di KAP tadi (walaupun ga lolos, *nangis kejer*).

Gue  pun berpikir buat cepet lulus, cepet beresin skripsi, ga sabar bgtt buat kerja!

Tapiii, cita2 itu pun mulai goyah,

Goyah saat melihat MetroTV lg open recruitment, goyah saat teman baik gue ditawarin utk jadi news anchor di SCTV.

Apalagi ditambah mulai banyak senior2 gue di KAP yg resign, temen2 seangkatan gue yg tampak ogah utk jadi auditor.

Oh sungguh, iman gue berguncang, nyaris hilang disapu tsunami.

Yaaah intinya mah gue bingung, pengen jd reporter tapi kook rasanya sayang aja ga menggunakan ilmu per-auditan yg gue miliki,

Pengen jadi auditor tapi gimana kalo ntar gue selalu gigitin working paper saat ngeliat Najwa Shihab siaran. Dilema oh dilema!

 

(hening) (bingung cara mengakhiri tulisan ini). Hahaha. Hehe! Oya, dan dari hasil obral-obrol gue dengan teman2 seangkatan, mereka jg rata2 masih bingung mau kerja sebagai apa. Oh atau mungkin ini fase yg memang hrs dilalui oleh semua mahasiswa tingkat akhir? Entahlah.

Yaa begitulah, mungkin para pembaca blog nya kak tirta yg udah pada kerja bisa ngasih advice, petuah, atau mungkin lowongan kerja?

*Alti is signing off*

 

Jawaban dari gue :

Hhhhhhh, altiiii… *menghela nafas panjang*

Masalah lo klasik sekali,

Karena lo udah memuji muji gue di email lo, baiklah, akan gue bantu jawab!

Sebenernya , masalah lo itu adalah masalah yang dihadapi oleh semua mahasiswa tingkat terakhir. Bingung ama masa depannya. Gue aja ampe sekarang masi bingung! Hahaha

Gini, gue akan kasi jawaban versi gue.

Dilihat dari bulan lahir lo, bulan juli dan zodiak lo cancer, lo ga cocok kerja di pertelevisian. Lo cocoknya kerja di air. Karena kuliahnya udah terlanjur di akuntansi, ambil lah mata kuliah akuntansi perairan. Ada gitu? Gue juga kurang tau. :p

Intinya adalah, semua orang punya pekerjaan impian sewaktu kecil. Kalo elo mau jadi news anchor, gue pengen jadi model dan kawin ama gita gutawa. Hahahaha.

Gue becanda. :p

Pekerjaan impian gue adalah pembawa acara travelling. Seru aja gitu sepertinya, Jalan-jalan gratis, makan gratis, dan dibayar pula. Siapa yang ga mau? Tapi ketika gue gagal meraih itu, apakah gue kecewa.

Ngga,

Karena ada banyak cara untuk jalan-jalan dan makan gratis selain jadi presenter acara jalan-jalan.

Jadi supir truk misalnya? Who knows? Toh dengan kerjaan gue sekarang, gue bisa jalan-jalan gratis dan makan dibayarin klien.hahaha..

Kalo kata Renee Suhardono : your job is not your career!

Atau versi Meggy Z nya : terlanjur basah, yasudahh, mandi sekalian!

So,

If you can’t do what you love, just love what you do! And life will find its way! :)

 

Buat teman-teman yang baca tulisan ini, ada pendapat lain buat si alti yang lagi galau ini? Silahkan komen dibawah ya?

Atau punya pertanyaan galau lainnya? Retweet aja ke @tirtaprayudha dengan hastag #romeogadungan. Boleh masalah cinta, perjodohan, karir atau apapun. Gue akan kasi saran sebisanya.

Ditunggu ya retweet nyaaa..