Archive for July, 2015

Newbie Gadungan

Udah punya Newbie Gadungan kayak mereka? Novel non-fiksi terbaru dari GagasMedia?

 

Newbie Gadungan

 

Let me know your comments!… Lanjut ta.. | 6 Comments

Newbie Gadungan – ebook version

Halo teman-teman,

Kali ini gue cuma pengen ngasih tau kalau buku gue sekarang sudah tersedia versi e-book nya di Google Play Store.

Jadi buat yang kemaren nanya versi softcopy nya, sekarang udah bisa di-download langsung ke smartphone atau tabletnya.

Tinggal cari judul Newbie Gadungan, udah langsung ketemu kok. Gampang!

Yuk mari!

15 - 1 (1)

Selamat Idul Fitri

Hari ini untuk pertama kalinya, gue merayakan Lebaran tapi tidak merayakan Lebaran.

Di UK (at least, di Aberdeen), Idul Fitri bukan merupakan public holiday, yang artinya semua kegiatan berjalan seperti biasa.

Dan untuk pertama kalinya, Lebaran berjalan sangat “biasa” buat gue.

Tidak ada ketupat, tanpa opor ayam atau rendang, Lebaran kali ini berjalan normal seperti hari biasa. Gue malah kuliah seharian tadi di hari Idul Fitri.

Bikin agak sedih sih, bikin suasana sakral Lebaran menjadi sedikit berkurang buat gue.

Jauh dari dari rumah, dan jauh dari kebiasaan Idul Fitri yang rutin gue lakukan tiap tahun. Dan momen-momen seperti ini yang bikin gue homesick berat.

Kangen rumah. Tapi mudah-mudahan, nggak mengurangi nikmat Idul Fitri tahun ini untuk gue,

Dengan tulisan ini, gue ingin mengucapkan selamat… Lanjut ta.. | 1 Comment

Newbie Gadungan : sedikit update

Menjelang Idul Fitri ini, gue mendapatkan kabar gembira tentang progress buku gue.. Akhirnya buku gue, Newbie Gadungan, sudah mulai tersedia secara merata di toko buku di sekitaran Jakarta dan Bandung.

Sebenarnya buku ini sudah resmi terbit sejak tanggal 8 Juli lalu, tapi karena memang butuh waktu untuk proses distribusi, ada jeda yang lumayan lama hingga akhirnya bisa dipajang di toko buku.

Teman-teman gue bahkan sempet protes, karena gue udah keburu woro-woro di Path dari lumayan lama, yang menyebabkan mereka bolak balik ke Gramedia untuk ngecek buku gue.

Tapi harusnya hari ini sudah tidak lagi menjadi masalah.

Kemarin gue mendapatkan banyak mention dan tag di Path, kalau buku gue sudah tersedia di mall-mall besar di Jakarta dan Bandung. Mulai dari Grand Indonesia, Pejaten Village, Kemang Village, BSD… Lanjut ta.. | 1 Comment

Ngobrolin Newbie Gadungan

Seperti biasa, setiap kali akan menerbitkan buku, gue akan membuat sebuah wawancara fiktif antar diri gue sendiri. Kali ini, menjelang terbitnya novel komedi terbaru gue, hal yang sama akan gue lakukan.

Wawancara sejenis pernah gue tulis sebelum launching novel Traveloveing 2.

Tujuannya sih untuk ngasih perspektif dan cerita tentang buku gue. Karena gue belum bisa ngajak Najwa Shihab untuk ngewawancarain gue, ya udah gue jadinya harus membuat karakter wartawan untuk nanya-nanya tentang buku Newbie Gadungan ini.

Ini dia keterangan untuk membacanya : Tirta Penulis (TP) dan Tirta Wartawan (TW)

Enjoy!

 ***

TW : Halo bung, ketemu lagi. Lama juga ya sejak terakhir kita ketemu?

TP : Halo bung, iya. Hampir dua tahun ya sejak Traveloveing 2?

TW : Iya. Terlihat

Krisis Yunani, secara sederhana.

Berawal dari salah satu mention di Twitter gue, yang meminta gue untuk menjelaskan krisis Yunani secara sederhana, gue kepikiran untuk menuliskan hal ini. Katanya sih gue bisa menjelaskan isu-isu kayak gini jadi mudah dimengerti (seperti tulisan gue tentang bbm beberapa waktu lalu).

Tujuannya sih sederhana, biar orang-orang Indonesia (at least pembaca blog gue) bisa peduli terhadap hal-hal yang lebih krusial daripada cuma ngeributin masalah LGBT di US atau Marshanda pamer perut di Instagram.

Disclaimer : Ilmu ekonomi makro gue masih dangkal banget, kalau ada hal-hal yang nggak tepat silakan dikoreksi. Dan banyak hal di bawah ini yang gue sangat sederhanakan biar gampang dimengerti (over simplified).

Oke mari kita mulai.

Pertanyaan dasarnya sih cuma ada dua.

1. Apa sih yang bikin krisis Yunani itu… Lanjut ta.. | 7 Comments

Mengintip Newbie Gadungan

Dua tahun sejak gue resmi diminta menuliskan mengirimkan sebuah outline, akhirnya buku ini brojol juga.

Judulnya Newbie Gadungan.

 

Sesuai dengan namanya, ide besar buku ini adalah mencoba sesuatu yang baru. Menjadi seorang newbie.

Buku ini berisi pengalaman-pengalaman pertama gue dalam berbagai hal. Mulai dari creambath ampe pengalaman masuk TV. Tentu saja gaya penulisannya dengan cara komedi, nafas terbesar gue dalam menulis.

Beberapa bab mungkin pernah gue tulis di blog ini. Tapi tenang saja, tulisan-tulisan itu mengalami perombakan drastis. Mulai dari cara penulisan hingga penambahan bit-bit lelucon di dalamnya. Jadi akan terasa berbeda banget ama apa yang pernah gue tulis di sini.

Gue juga berusaha keras agar tulisan gue tidak seperti arum manis. Yang cuma terasa manis tapi tidak berisi apa-apa. Untuk… Lanjut ta.. | 4 Comments