Archive for June, 2013

Senyum dari Papua

Apa yang pertama kali melintas di benak kalian ketika mendengar kata Papua? Buat gue yang picik ini, kata yang terpikir pertama kali adalah koteka.

Gue membayangkan semua orang di Papua masih menggunakan koteka dalam kehidupan sehari-hari. Keluar rumah pake koteka, ke pasar pake koteka, atau bahkan ngantor pake koteka. Hal ini sempat membuat gue panik waktu pertama kali tau kalau gue akan ditugaskan ke Papua.

“Tirta, minggu depan kamu ke Papua ya?”

“Hmm..Papua ya pak? Anuuu.”

Gue mendadak panik mengetahui kalau gue harus ngantor selama seminggu menggunakan koteka. Kan susah ngantor di ruangan berAC cuma make koteka. Ada tiga hal yang gue khawatirkan.

  1. Susah nyari koteka untuk gue. Saking panjangnya bisa dililit ke leher.
  2. Agak kisut ya kelamaan make koteka di ruangan berAC.

Koreksi Felixsiauw

Berbeda dengan mayoritas tulisan gue biasanya, tulisan gue kali ini agak serius dan agak panjang. Be prepared.

Beberapa waktu belakangan, di timeline twitter gue beredar nama yang mungkin cukup familiar. Ustad Felixsiauw, yang getol banget ‘berdakwah’ sambil jualan buku anti pacaran.

Timeline Twitter gue pun seolah terbelah, satu yang mendukung isi twit dia, dan yang lain menyindir terhadap isi-isi twitnya. Gue sih bisa dibilang netral, gue gak follow akun itu. Gue juga gak anti dengan orang yang menggunakan twitter untuk promosi.

Tapi sejak twit kontroversial dia tentang ‘ibu atau pegawai’ itu, gue jadi tertarik terhadap apa masalah yang dia bahas. Dan terakhir, dia melancarkan serangkaian twit tentang penolakan pengurangan subsidi bbm, dan secara gak sengaja, gue menemukan blognya felixsiauw dan menemukan analisanya tentang penolakannya. Link artikelnya bisa… Lanjut ta.. | 131 Comments

Twitter 101

Social media adalah salah satu barometer pergaulan anak jaman sekarang. Setelah eranya Facebook yang belakangan mulai meredup karena sudah terlalu banyak alay (penyebab kenapa Friendster juga mati) dan semakin menjamurnya orang jualan di wall facebook, sekarang pengguna social media mulai bergeser ke Twitter.

Dan untuk yang belum tau, twitter sekarang adalah social media terbesar ketiga di dunia setelah Facebook dan Google+.

Dan dengan semakin banyaknya pengguna twitter, gue malah ingin membuatkan semacam tutorial awam bagi kalian pengguna twitter. Tutorial ini kebanyakan cuma berdasarkan observasi dan pengalaman pribadi.

1. Twitter adalah microblogging bukan situs pertemanan.

Seperti halnya blog, twitter sejatinya adalah sumber berbagi informasi, hanya saja setiap tweet dibatasin menjadi 140 karakter.

Berbeda dengan facebook atau Friendster, Twitter bukanlah situs pertemanan. Yang temenan di… Lanjut ta.. | 6 Comments

Cinta Yang Belum Selesai.

“Sah?”

“Sah!” beberapa orang saksi sedikit berteriak menjawab pertanyaan penghulu. Beberapa ibu-ibu yang datang juga mengucap hamdalah tanda syukur prosesi ijab kabul yang berjalan lancar tanpa halangan.

Aku dan suamiku (jika kini aku boleh memanggilnya demikian) kemudian menandatangani beberapa surat dan buku nikah yang telah disediakan. Sekarang kami telah resmi menjadi sepasang suami istri yang sah, menurut agama dan hukum yang berlaku di negara ini.

Dari sudut mataku, aku melihat Mama yang menyeka air matanya, melihat anak perempuannya yang kini telah lepas dari tanggungannya. Berpindah menjadi tanggung jawab seorang laki-laki yang kini resmi menjadi menantunya.

Beberapa orang saudara jauh yang mendadak menjadi panitia acara ini kemudian menyuruh kami berdiri sambil memegang buku nikah masing-masing. Tersenyum ke arah kamera yang sudah siap memotret kami berdua.

“Ayo… Lanjut ta.. | 17 Comments