Archive for April, 2013

Itinerary ke Sabang

Banyak orang yang belum mengetahui surga tersembunyi di paling barat Indonesia yang bernama Sabang. Pulau kecil yang berada di utara pulau Sumatera ini meskipun sangat indah, tapi jumlah wisatawannya masih jauh dari Bali.

Mungkin karena konflik yang berkepanjangan, kejadian tsunami di tahun 2004, membuat nama Sabang sebagai destinasi wisata semakin tertutup.

Namun belakangan, pesona Sabang mulai kembali bersinar seiring dengan makin kondusifnya situasi keamanan di Aceh beberapa tahun terakhir. Semakin banyak teman gue yang bertanya gimana Sabang sebenarnya? Bagaimana cara kesana? Akomodasi selama disana, hingga hal-hal perintilan lainnya.

Sesuai dengan janji gue di postingan pariwisata di Aceh kemarin, gue akan buatkan itinerary sederhana jika kalian ingin berkunjung ke Aceh (Kalkulasi ini dibuat dengan asumsi berangkat di Jakarta)

Itinerary yang gue buat… Lanjut ta.. | 6 Comments

Gadget Yang Tidak Menyusahkan

Waktu itu gue lagi nongkrong bersama beberapa temen gue. Kondisi foodcourt itu mulai ramai, sedikit wajar mengingat ini memang sudah memasuki jam makan siang. Teman gue dari tadi memegang handphonenya yang dari tadi diam gak berfungsi. Sebuah jam pasir muncul di layar, sebagai pertanda alat itu sudah tak lagi responsif.

“Mana nomornya?” tanya gue gak sabar. Gue meminta nomor telpon sebuah restoran di Kemang yang ingin gue booking buat acara kantor.

“Bentar, lagi hang nih.”

“Ribet banget hape lo?” tanya gue penasaran.

“Iya nih, sering banget kayak gini.”

“Cabut baterenya coba, trus idupin lagi. Biasanya bisa.”

“Bentar, gue coba dulu. Ini masih mending, yang make trackball lebih parah lagi, susah banget ngegerakin kursornya” katanya menjelaskan sambil membuka penutup belakang handphone itu.

“Ohhh, kalo… Lanjut ta.. | 5 Comments

Liburan ke Aceh

Sejak kondisi Aceh yang saat ini sudah damai, banyak orang yang bertanya ke gue bagaimana kondisi pariwisata Aceh saat ini. Apakah aman berkunjung kesana? Apakah harus memakai jilbab? Dan pertanyaan-pertanyaan standar lainnya, yang tetap membutuhkan jawaban.

Seringkali image dan gambaran Aceh di masa lalu, menjadi penghalang untuk orang berani berwisata ke Aceh. Ini yang terjadi kepada teman-teman gue. Sebagai orang Aceh, gue seperti mempunyai kewajiban moral untuk turut mempromosikan pariwisata Aceh.

Dan buat teman-teman yang pernah bertanya ke gue dan para pembaca romeogadungan.com, dengan ini gue menyatakan, Aceh sudah sangat aman untuk dikunjungi! Silahkan berkunjung dan nikmati keindahan alam dan kotanya.

Tapi gue sepenuhnya menyadari, masih sedikit sekali artikel yang mereview tuntas pariwisata Aceh. Apa saja yang bisa dilihat dan hal-hal yang dilakukan di propinsi paling barat… Lanjut ta.. | 11 Comments

Dua Puluh Lima

Alarm dari handphone berdering cukup kencang, membangunkan gue yang masih terlelap tidur. Mata gue berkedip berulang kali, membiasakan dengan kegelapan, berusaha menyerap sebanyak mungkin cahaya sebelum bangkit berdiri.

Sambil memegang pinggiran tempat tidur, gue berjalan ke arah pintu mencoba meraba saklar lampu yang menempel di dinding. Jari gue bergerak memencet saklar lampu ke bawah, pijar Phillips 25 watt yang terletak di tengah langit-langit kamar mendadak menyala membutakan mata.

Gue memicingkan mata, berusaha mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke dalam retina. Handphone yang sedari tadi masih berbunyi gue ambil untuk dimatikan. Jam digital berwarna biru di pojok kanan layar atasnya menunjukkan pukul tiga dini hari.

Segera gue beranjak ke kamar mandi untuk buang air kecil. Setelah kantung kemih kembali kosong, gue menghidupkan keran lalu membasuh kedua telapak tangan… Lanjut ta.. | 8 Comments

Hal-hal menarik di Filipina

Akhir tahun lalu, gue berkesempatan untuk traveling ke Filipina bareng si saputraroy. Pertanyaan pertama orang-orang waktu pertama kali gue bilang gue mau ke Filipina pasti : “Kenapa Filipina?”

Negara ini memang bukanlah negara yang lazim dikunjungi oleh orang Indonesia untuk menjadi pilihan tujuan berlibur. Mayoritas dari kita pasti akan memilih Malaysia, Singapore ataupun Thailand jika ingin berlibur ke luar negeri untuk kawasan negara-negara ASEAN.

Gue gak akan bahas objek wisata atau kegiatan menarik yang ada di Filipina di sini, karena udah banyak banyak website yang membahas hal itu kayak lonelyplanet.com atau tripadvisor.com

Oleh karena itu, gue akan ngasi tau kepada kalian hal-hal apa saja yang gue anggap menarik yang gue temukan selama perjalanan ke Filipina… Lanjut ta.. | 15 Comments

Beli original yuk!

Sejak terlibat dalam proses penulisan #Traveloveing2 (novel pertama yang gue tulis, bagi kalian yang belum tau), gue menyadari suatu hal.

Berkarya itu susah!

Berkarya kadang jauh lebih susah dari bekerja. Ketika bekerja,  kadang bahan mentahnya udah ada. Datanya sudah ada, atau sudah disediakan oleh orang lain. Tinggal dibawa mikir dan voila…this is it! Ada alur rutin dalam bekerja yang biasa terjadi seperti dibawah ini.

Input -> Proses -> Output

Tapi dalam berkarya, terutama dalam hal-hal yang kreatif, terkadang inputnya belum ada. Flownya kadang berubah drastis menjadi.

Input (blank) -> Bengong -> Ngupil -> Inget deadline -> Nangis di pancuran.

Kembali ke proses menulis #Traveloveing2, gue menghabiskan waktu berjam-jam untuk proses menulis bagian gue di novel itu… Lanjut ta.. | 4 Comments

Ikan pari panggang..

Taksi itu melaju perlahan, membelah deretan ruko tua yang ada di tengah kota Medan. Daerahnya sepi, kumuh dan kusam. Tidak tampak banyak orang yang disini. Situasinya seperti kota yang ditinggalkan. Hanya ada ruko-ruko tua yang berdiri ringkih di kiri kanan jalan. Beberapa bahkan sudah ditinggalkan kosong oleh penghuninya.

Rasa penasaran mengalahkan rasa lapar yang gue alami. Padahal waktu sudah menunjukkan pukul 1 siang. Panasnya kota Medan seolah menjadi kata sambutan buat kami yang baru saja mendarat di kota ini.

Mata gue memandang berkeliling. Dimana sebenarnya letak restoran yang ingin kami cari ini? Jika rasanya memang seenak itu, pasti akan segera kelihatan bukan?

“Nanti kita makan dulu ya? Abang lapar kan?” tanya Ayah beberapa jam yang lalu waktu masih berada di dalam pesawat.

“Iya yah, boleh. Dimana?”… Lanjut ta.. | 8 Comments