Archive for August, 2010

Marketing Jalanan..

Beberapa hari yang lalu, gue maen ke Sukabumi.

Ga ngambil cuti sih, gue pergi pas weekend, sabtu siang berangkat, minggu malam udah balik ke kosan. Mungkin karena bosen di Jakarta, bertualang ke Sukabumi menjadi pilihan gue waktu itu.

Lumayan, puasa-puasa gini maen ke Sukabumi yang sejuk.

Jadi, berangkatlah gue siang itu berdua temen gue si Hasan dari terminal Kampung Rambutan.

Gue kirain, dari terminal Kampung Rambutan, bakalan ada bus ke sukabumi yang ber-AC, ternyata ga ada sodara2.

Jadilah gue ama si Hasan naek bis ekonomi dari Kampung Rambutan ke Sukabumi. Tiketnya cuma 16 ribu rupiah saja. Murah meriah. Sedangkan nama bisnya sendiri agak bombastis,

LANGGENG JAYA, nama bus reyot itu. Dilihat dari kondisi busnya, nasip perusahaan bus itu sepertinya bakalan jauh dari kata langgeng… Lanjut ta.. | 32 Comments

Merantau..

Beberapa hari ini, gue lagi homesick.

Ya, untuk seorang perantauan, gue jarang banget homesick. Mungkin momen bulan puasa sekaligus menjelang lebaran kali ini membuat gue sedikit kangen rumah.

Semua berawal dari beberapa hari yang lalu, ketika sahur dalam kondisi demam sendirian dikosan, dengan cuma sepotong roti dan air mineral jadi menu sahur, membuat gue sangat kangen rumah.

Kebayang aja kalo masa-masa sahur di rumah itu adalah masa yang paling menyenangkan. Ga perlu ribet mikirin mau makan apa, ga perlu repot bangun lebih awal untuk nyari makanan, ga perlu menahan kantuk sambil nyari warteg yang masih buka. Ga usah mikirin itu semua.

Gue tinggal bangun, makan, shalat dan kemudian tidur lagi ampe siang.

Hidup ngga bisa lebih indah ketika puasa di rumah.

Dan hal… Lanjut ta.. | 4 Comments

Rama & Tika..

Hari ini 10 tahun yang lalu.

Sebut saja mereka Rama dan Tika, dua sejoli SMA di kota langsa, sebuah kota kecil di kabupaten Aceh Timur. Keduanya pasangan serasi menurut gue, yang satu tampan dan yang wanita cantik luar biasa.

Mereka bertemu semasa SMA dan keduanya jatuh cinta. Waktu itu Rama kelas 3 dan tika kelas 1 waktu itu.Yah, seperti layaknya remaja yang sedang menikmati masa muda, mereka kemudian memutuskan untuk pacaran. Pasangan yang serasi dan cukup banyak membuat remaja lainnya iri.

Mereka saling melengkapi, ibarat dua buah huruf C yang saling bertemu, dan kemudian bersatu membentuk sebuah lingkaran sempurna. Masa-masa SMA berjalan sangat indah untuk keduanya.

Hari ini 9 tahun yang lalu,

Rama telah menamatkan sekolahnya di SMA,

Bagi sebagian… Lanjut ta.. | 11 Comments

Dirgahayu Republik Indonesia..

Oke, isu ini mulai membuat gue khawatir,

Isu dari wacana Ruhut Siptompul mengenai penambahan masa jabatan SBY. Beritanya bisa dibaca disini,

Siapapun yang mewacanakan ini, bener-bener membuat khawatir banyak pihak.

Oke, menurut gue, SBY adalah salah satu presiden Indonesia terbaik, tapi bukan satu-satunya yang terbaik. Usulan untuk mengamandemen UUD agar bisa menambah periode kepemimpinan presiden sangat tidak beralasan.

Dan menurut gue harus diantisipasi dari sekarang.

Takutnya, ada unsur-unsur pengkultusan individu yang terjadi sekarang.

Jujur sampai sekarang gue heran.  Pas kemaren waktu acara peringatan kemerdekaan, kenapa buku-buku tentang pak beye dan keluarga dibagikan sebagai buah tangan? For God sake that’s a national independence ceremony, not a family gathering.

Dimainkannya lagu-lagu ciptaan pak beye di upacara Negara (is the song that much great

Ngomongin keong racun..

Kali ini gue pengen ngomongin tentang keong racun. Agak telat sih, tapi daripada cuma ngendap disimpen dikepala.

Oke, Pasti udah tau semua kan keong racun? Video dengan lirik menggelitik yang dinyanyikan shinta dan jojo.

Beberapa temen gue suka dengan video itu,  beberapa yang lain mencemooh dan mencibir.

Gue adalah orang yang suka dengan video keong racun itu. Sekedar suka, titik.

Beberapa temen gue bilang ke gue, kebanyakan wanita..

“Apa lucunya sih ta video itu?”

Mereka ga sendirian, di Indonesia, banyak juga yang tidak suka dengan kemunculan shinta dan jojo. Kita bisa lihat dari komentar-komentar yang muncul di portal-portal berita di internet.

Kita lihat di artikel kompas.com yang ini.

Ini komentar dari Naruto Sasuke (yang sepertinya dia terlalu banci untuk menggunakan… Lanjut ta.. | 8 Comments

Dari yang kecil-kecil aja dulu..

Gue adalah anak yang tumbuh dan besar di Aceh. Propinsi yang dikenal sebagai daerah istimewa di Indonesia. Propinsi yang disebut-sebut sebagai Serambi Mekah. Dan merupakan daerah dimana ketika shalat jum’at sedang berlangsung, jalanan bisa sepi untuk sementara.

Sebagian besar teman gue di Aceh adalah muslim, baik itu yang muslim taat ampe sekedar muslim KTP.  Proporsi nya hampir 99%.

Suasana yang cenderung homogen yang seperti ini, membuat gue buta tentang agama yang lain.

Kondisi ini sedikit berubah ketika gue kuliah di bandung, kondisi yang sedikit berbeda, membuat gue kaget secara budaya. Kalo orang Jawa bilangnya shock culture.  hehe

Pas awal-awal ke bandung, gue kaget melihat situasi yang jauh berbeda dengan suasana di aceh.

Ngeliat cewe ga pake jilbab, gue ngerasa aneh, ngeliat cewe ngerokok, gue shock… Lanjut ta.. | 11 Comments