Archive for April, 2010

Kuliah Kerja Nyata

Beberapa hari yang lalu, si pacar cerita tentang betapa excited nya dia mau kkn. Ya, sebagai mahasiswa tingkat akhir, emang sekarang jatahnya dia buat kkn.

Tinggal disatu desa sambil bikin program dan mengabdi ke desa itu.

Kampus gue sebagai salah satu PTN di Bandung, masih mewajibkan mahasiswa nya untuk kkn, sebagai salah satu bentuk tridharma perguruan tinggi yaitu mengabdi kemasyarakat (jangan tanya yang 2 lagi apa, gue ga tau.hehe)

Gue dulu kkn disalah satu desa di kabupaten bandung. Letaknya sih ga jauh dari kota bandung, cuma sejam kalo naek motor.

Yaudah gue dan temen-temen kkn gue ga perlu nginap, cuma tiap hari pulang pergi kesana.

Nama desa gue desa sindanglaya kecamatan cimenyan, kabupaten Bandung.

Serem ga… Lanjut ta.. | 2 Comments

Christian the Lion..

Dulu dosen gue pernah bilang, selain belajar sebaiknya mahasiswa itu harus banyakin nonton film, tujuannya biar melatih empati. Tentu aja film yang dimaksud bukan film-film sampah lokal yang sekarang banyak berjamur di bioskop-bioskop di endonesa. Kayak film hantu datang bulan, hantu mati di kasur, mati di jemuran, ampe hantu mati gaya..

Jadi, gue pun mempraktekkan tips beliau. Dan kebetulan gue emang suka nonton film, terutama film-film yang ga ‘biasa’ kayak the green mile, forrest gump, man on fire, cast away dan banyak lagi.

Kalo lo perhatiin, judul-judul tadi emang banyak yang dimainkan oleh Tom Hanks. Dia  memang salah satu aktor kesukaan gue, selaen Denzel Washington, dan beberapa yang lain.

Dan tadi malem, gue baru nonton Hachiko..

agak telat… Lanjut ta.. | 2 Comments

kalimantan oh kalimantan..

Oke, sebagaimana janji gue disini, gue bakalan sharing pengalaman gue di Kalimantan.

Secara resmi, gue baru pertama kali ke Kalimantan. Kantor gue, nyuruh gue untuk melakukan salah satu prosedur audit yaitu stock take atau stock opname di Samarinda, Kalimantan Timur. Stock opname sendiri dalam bahasa Indonesia berarti pengecekan fisik persediaan.

Karena klien gue adalah perusahaan minyak negara tetangga, maka persediaan yang harus gue cek adalah bahan bakar solar dalam tempat panampungan terapung. Atau bahasa kerennya stock opname fuel di floating storage. Gue keliatan pintar ga kalo ngomong gitu??

Oke, kita mulai dari awal,

Gue berangkat dari Jakarta ke Balikpapan. Kenapa Balikpapan bukan Samarinda? Karena Samarinda belom punya bandara sodara-sodara! Yup, betul sekali, meskipun ibukota Kalimantan Timur sendiri adalah… Lanjut ta.. | 8 Comments

Bentrokan priok di mata gue..

Disclaimer : Tulisan ini merupakan bentuk sudut pandang gue dari apa yang terjadi, dan apa yang gue baca. Lo boleh setuju, boleh juga ngga setuju.

Berita-berita yang muncul akhir-akhir ini sangat menyedihkan buat gue. Geram sendiri gue bacanya! Mulai dari kasus century, markus pajak, gayus, ampe yang paling akhir itu kasus bentrokan di Priok, masalah penggusuran makam penyebar agama Islam di tanah jawa.

Siapa sebenernya mbah Priok masih belom jelas buat gue. Hasil dari yang gue baca, beliau adalah penyebar agama Islam di abad ke 17. Yang kemudian meninggal dan dimakamkan di priok. Banyak orang yang berziarah ke makam ini.

Yang kemudian, makam ini direlokasi untuk dijadikan perluasan daerah pelabuhan. Yang jadi masalah, banyak warga yang berusaha mempertahankan makam ini. Dan sampai… Lanjut ta.. | 3 Comments

Tragedi Punten!

Bagi anak dari daerah kayak gue, hidup di Bandung itu gampang-gampang susah.

Gampang karena orang-orang di Bandung sikapnya lebih halus, berbeda dengan kultur orang sumatera yang cenderung lebih kasar.

Susah karena 1 hal…

Gue ngga bisa bahasa Sunda.

Ini gawat, karena bahasa Sunda (menurut gue) merupakan salah satu syarat utama agar kita bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan agar kita lebih mudah diterima sebagai pendatang..

Liat aja betapa bahasa sunda digunakan dalam percakapan sehari-hari di Bandung.

Jadi, cuma dengan bermodalkan “hatur nuhun”, maka gue memberanikan diri untuk hidup di Bandung.

Ada sedikit kejadian yang menyangkut kemampuan berbahasa sunda gue yang mungkin ngga akan gue lupa selamanya.

Ini kisah nyata.

Terjadi… Lanjut ta.. | 17 Comments

Demam berdarah, ngga lagi deh..

Seumur hidup, gue baru sekali diopname dirumah sakit (dan gue harap jangan pernah lagi). Disaat gue dikejar-kejar deadline buat menyelesaikan skripsi tepat pada waktunya, Allah ngasih gue cobaan.

Waktu itu gue demam berdarah, yang kalo eno lerian bilang, nyamuk-nyamuk nakal telah menggigit gue.

Awalnya sih demam, dan waktu itu gue rasa cuma demam biasa, tapi demam ini agak beda, demam ini lebih gaul, datengnya cuma malem doang. Siangnya gue ngerasa baikan, tapi malemnya menggigil.

Setelah hari ketiga gue demam, akhirnya gue nyerah. Malam itu, dengan memakai jaket dan pakaian berlapis, gue dianterin sang pacar yang bawel baik hati ke rumah sakit.

Rumah sakit pertama yang gue datengin adalah salah satu rumah sakit swasta didaerah Cihampelas.

Pas… Lanjut ta.. | 4 Comments